[ADINSERTER AMP]

Cara Benar Buka Tabungan Emas Bank Muamalat (+Tips)

Tabungan emas Bank Muamalat sering ditanyakan nasabah. Setidaknya karena dua alasan berikut ini.

Pertama, karena merupakan produk dari perbankan pertama yang menyediakan layanan keuangan syariah. Sehingga nasabah merasa nyaman dan aman bertransaksi keuangan bebas riba, bersama bank syariah paling berpengalaman.

Kedua, karena emas salah satu investasi syariah terbaik di sepanjang masa.

Sampai detik ini, emas masih digunakan sebagai sarana penyimpan nilai uang, guna menghindari penurunan nilai akibat inflasi. Dan juga dimanfaatkan untuk tujuan investasi, memanfaatkan fluktuasi harganya.

tabungan emas bank muamalat
image by blissglobal.co.in

Cara investasi emas dapat  dilakukan dengan membeli emas batangan, emas perhiasaan atau keping logam mulia.

Transaksinya dapat dilakukan pada tempat membeli emas seperti toko emas, pegadaian, antam, ataupun penyedia layanan jual beli emas online. Beberapa bank syariah juga menyediakan layanan kepemilikan emas.

Nah, jika Anda ingin memulai cara investasi emas di bank mengunakan produk bank muamalat. Coba cermati langkah benar berikut ini.

Tabungan Emas Bank Muamalat?

Cara menabung emas di bank muamalat tidak seperti cara investasi emas di pegadaian. Yang memungkinkan nasabah membeli emas dengan mencicil. Dengan ketentuan emas baru dapat Anda miliki setelah mencapai besaran gram tertentu.

Selain itu, Tabungan emas di bank muamalat juga berbeda dengan cara investasi emas di bank syariah lainnya, seperti BRI syariah dan Bank syariah Mandiri.

Sebab, tidak seperti kedua bank tersebut,  bank pertama murni syariah ini tidak memiliki produk gadai emas syariah. Produk yang digunakan sebagai produk gabungan dengan skema kepemilikan emas.

Lalu, seperti apakah cara menabung emas di bank muamalat?

Setelah melakukan penelusuran, Ternyata produk tabungan bank muamalat khusus untuk menabung emas, tidak pernah ada.

Meskipun begitu, untuk dapat berhasil memulai investasi emas syariah pada salah satu bank terbaik untuk investasi emas ini, anda tetap dapat memulainya bersama Bank Muamalat.

Caranya?

Coba cermati tips sukses tabungan emas bank muamalat berikut ini.

Cara Menabung Emas di Bank Muamalat

Anda dapat memulai investasi emas kecil-kecilan dengan mulai menabung keping logam mulia Antam, mengunakan tabungan berjangka syariah di bank muamalat.

Ya, alih-alih menabung 1 LM gram setiap periodenya, akan lebih menguntungkan jika dana membeli emas tersebut anda simpankan terlebih dahulu di tabungan rencana, dengan tujuan membeli LM dengan ukuran gram yang lebih besar.

Karena ternyata, membeli emas antam berukuran gram lebih besar, lebih menguntungkan dibandingkan mengumpulkan LM 1 gram sedikit demi sedikit.

Coba perhatikan daftar harga emas antam berikut.  Untuk mengetahui harga emas terkini, sila cek di-link ini: harga LM hari ini.

Daftar harga LM Antam
image by anekalogam.co.id

Memang lebih mudah dan cepat apabila membeli emas dengan ukuran terkecil. Tetapi, sebagai sebuah investasi, ternyata kurang menguntungkan. Hal ini karena adanya selisih antara harga ketika membeli dan harga jual kembali LM.

Sebagai contoh, Selisih harga jual dan harga beli emas Antam 1 gram sebesar Rp. 82 ribu (Rp. 702.000 – Rp. 620.000). maka untuk 10 keping LM 1 gram, total selisih harganya adalah sebesar Rp. 820 ribu (10 x Rp. 82.000).

Sedangkan jika langsung membeli keping 10 gram, beban selisih harganya hanya Rp. 150 ribu (Rp. 6.350.000 – Rp. 6.200.000).

Selisih harganya hampir senilai dengan 1 keping LM 1 gram juga bukan?

Oleh karena itulah, sebaiknya simpan dahulu dana Anda di tabungan rencana bank muamalat. Setidaknya hingga dana tersebut cukup untuk membeli logam mulia berukuran lebih besar.

Trik Membuka Tabungan Rencana untuk Investasi Emas

Pertama, Anda perlu membuka dua produk tabungan Bank Muamalat. Yaitu, Tabungan Hijrah Rencana dengan akad mudharabah, serta tabungan Hijrah berakad wadiah. Pastikan juga untuk melakukan registrasi pengunaan internet banking dan mobile banking Bank Muamalat

Tabungan bank muamalat berakad wadiah akan menjadi rekening sumber dana bagi tabungan investasi emas Anda nantinya. Caranya, Anda setorkan dana ke tabungan muamalat wadiah tersebut, untuk kemudian dipindahbukukan ke tabungan rencana, mengunakan fasilitas autodebet.

Cara menabung emas di bank muamalat
image by mydailylifetips.com

Kedua, tetapkanlah target menabung emas sebanyak 10 gram, setiap periode Tabungan Hijrah Rencana Anda. Sebab, LM 10 gram, memiliki selisih harga jual dan harga beli paling kompetitif, dibandingkan LM 25 gram dan 50 gram.

Selain itu, harga emas LM 10 gram juga memungkinan Anda membuka tabungan rencana untuk jangka waktu pendek. Misal, tabungan rencana selama 10 bulan, dengan setoran sebesar Rp 702.000, atau setara harga LM 1 gram pada saat pembukaan tabungan.

Ketiga, manfaatkan fleksibelitas tabungan rencana muamalat untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

Misal, Jika setoran bulanannya perlu dikurangi, anda dapat membuka tabungan rencana selama 10 bulan, dengan setoran setara setengah harga LM 1 gram, Rp. 301.000.

Kemudian setelah target dana terpenuhi, Anda buka kembali tabungan rencana dengan setoran awal sebesar Rp. 3.010.000, dengan jangka waktu dan nominal simpanan bulanan yang sama dengan periode sebelumnya.

Membuka tabungan rencana untuk jangka waktu pendek lebih disarankan. Sebab, membuat Anda merasa tidak lama terbebani. Sehingga membantu Anda terus termotivasi untuk rutin menambah saldo tabungan emas bank Muamalat anda.

Selain itu, anda juga dapat mengunaan fasilitas top-up non rutin, agar target dana semakin cepat terpenuhi.

Terakhir, pada akhir periode menabung, segera belanja saldo tabungan rencana yang telah ditransfer kembali ke tabungan hijrah untuk membeli emas. Anda dapat membeli fisik LM 10 gram di pegadaian ataupun gerai Antam terdekat.

Keuntungan

Skema cara menabung emas mengunakan trik tabungan berjangka syariah merupakan solusi bagi Anda yang tidak sependapat dengan cara investasi emas yang tidak sesuai syariah.

Seperti diketahui, terdapat khilafiyah di kalangan ulama mengenai kebolehan membeli emas secara tidak tunai. Sebagian berpendapat cara investasi emas di pegadaian syariah, atau bukalapak, dan situs jual beli emas online lainnya, dianggap tidak sesuai dengan syariah.

Begitu juga mengenai boleh atau tidaknya mengikuti arisan emas dalam islam.

Nah, dengan Tabungan emas Bank Muamalat Anda dapat mengatasi keraguan akan hukum syariah tersebut. Investasi dunia Aman, dan Investasi Akhirat pun insyaAllah terjamin.  Apalagi hukum menabung di bank syariah sangat dianjurkan oleh MUI.

Bagikan artikel ini,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.