[ADINSERTER AMP]

3 Rencana Tak Biasa untuk Tabungan Berjangka Syariah (+Tips)

Mewujudkan rencana merupakan alasan utama untuk memiliki Tabungan berjangka syariah. Namun, rencana saja, tidak cukup.

Sebab?

Tahukah Anda, bahwa sebagian orang memilih menabung di tabungan biasa. Namun beberapa bulan kemudian menyadari bahwa impian mereka gagal terwujud, disebabkan dana di tabungan belum cukup-cukup.

Pengalaman mereka menunjukkan bahwa setidaknya dua faktor berikut ini menjadi penyebab kegagalan rencana finansial mereka.

Pertama, gagal mendisiplinkan diri untuk rutin menabung

Dan yang kedua adalah tergiur oleh kemudahan menarik dana tabungannya, untuk kebutuhan yang sering kali seakan-akan sangat dibutuhkan, ketika uang mulai terkumpul di rekening.

Karena itulah, membuka tabungan berencana merupakan solusi jitu mengatasi dua permasalahan klasik itu.

tabungan berjangka syariah
image by sgmoneymatters.com

Manfaat Tabungan Rencana Syariah

Sesuai nama tengahnya, tabungan berjangka syariah adalah tabungan dengan jangka waktu menabung tertentu.

Tabungan ini dicirikan dengan adanya rencana setoran simpanan, selama waktu yang direncanakan, guna mewujudkan rencana finansial di masa depan.

Sebagai produk perbankan syariah, jenis tabungan ini mengunakan akad mudharabah. Ada juga yang mengunakan akad wadiah, meskipun jarang.

Sebab, penggunaan perjanjian mudharabah memungkinkan bank berbagi keuntungan hasil pengelolaan pembiayaan dengan nasabah, sesuai nisbah bagi hasil yang telah disepakati.

Pendapatan bagi hasil porsi nasabah akan membantu memperbesar jumlah dana tabungan rencana mereka.

Dan juga, bank syariah memberikan porsi nisbah yang lebih tinggi bagi pemegang rekening tabungan rencana, dibandingkan produk tabungan biasa.

Perbankan juga memberikan tambahan manfaat asuransi syariah pada produk tabungan berencananya.

Fitur asuransi tersebut berupa santunan dan pembayaran sisa setoran tabungan rencana hingga jatuh tempo. Dibayarkan apabila terjadi kondisi yang menyebabkan ketidakmampuan permanen nasabah melanjutkan setoran tabungan berjangka syariahnya.

Rencana Tak Biasa untuk Tabungan Berjangka Syariah

Biasanya, sebagian orang membuka tabungan berjangka untuk mempersiapkan rencana pernikahan, biaya pendidikan anak, atau untuk menyiapkan dana ibadah qurban dan umroh.

Namun, selain rencana tersebut, ternyata produk bank syariah ini juga dapat dimanfaatkan dengan tujuan yang tak biasa.

Cermati tips jitu cara memanfaatkan tabungan berjangka di bank syariah berikut ini:

1. Gunakan untuk membiayai ibadah haji

Menabung dana haji dengan membuka tabungan haji mungkin telah Anda lakukan.

Sekarang, bukalah tabungan rencana, pada bank syariah terbaik untuk menabung pilihan Anda, dengan motivasi untuk mempersiapkan dana ibadah haji.

Setidaknya karena dua keuntungan berikut ini,

Pertama, Anda dapat membagi besar biaya haji menjadi jumlah yang lebih mudah dicapai. Karena, dengan tujuan finansial lebih rendah, akan menjadikan motivasi menabung semakin tinggi.

Keberhasilan kecil ketika mampu menambah tabungan haji Rp. 1 juta atau lebih, setiap jangka waktu tertentu, dapat meningkatkan keyakinan Anda bahwa biaya haji Rp. 25 juta dapat diwujudkan.

Keuntungan kedua adalah simpanan dana haji di tabungan rencana  akan memperoleh tambahan pendapatan bagi hasil. Sedangkan menabung di tabungan haji, biasanya tidak memperoleh bagi hasil, karena mengunakan akad wadiah.

Jadi, kombinasikan tabungan haji bank syariah dengan tabungan berjangka syariah agar Anda semakin dekat dengan impian ke baitullah.

Ingat, segera lakukan transfer ke rekening tabungan haji apabila target dana atau target waktu tabungan rencana telah terpenuhi. Agar dana yang sudah terkumpul, tidak terpakai.

2. Bisa juga untuk menabung emas

Tabungan berencana juga dapat digunakan untuk menabung emas. Lebih tepatnya menabung untuk membeli emas.

Metode ini cocok untuk digunakan oleh Anda yang masih memiliki keraguan syariah, mengenai hukum menabung emas di bank, pegadaian syariah, atau investasi emas via jual beli emas online.

Majelis Ulama Indonesia melaui fatwa DSN-MUI memang telah menerbitkan fatwa mengenai kebolehan membeli emas secara tidak tunai, ataupun cicilan. Pertimbangannya adalah karena saat ini, emas saat tidak digunakan sebagai mata uang, sehingga bukan barang ribawi.

Namun, sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa emas merupakan salah satu dari 6 barang ribawi, yang jual belinya harus tunai dengan penyerahan barang seketika.

Bagi Anda yang mengikuti ijtihad jama’i kedua, dan ingin membeli emas secara tunai dan butuh untuk menabung terlebih dahulu. Produk tabungan berjangka syariah adalah solusinya.

Misal, jika ingin memiliki emas Logam mulia Antam 10 gram, dengan nominal dana sekitar Rp. 6 juta.

Maka, membuka tabungan emas bank muamalat selama 10 bulan, dengan setoran Rp. 600 per bulan. Atau dengan setoran Rp. 500 ribu selama 12 bulan.

InsyaAllah, dapat memenuhi impian Anda untuk mulai menabung emas, diakhir setiap periode tabungan rencana bank syariah yang Anda buka.

3. Menyiapkan investasi syariah terbaik

Dalam perencanaan keuangan, tabungan biasa digunakan untuk menyimpan dana yang akan digunakan dalam jangka waktu dekat. Seperti, menyimpan uang guna membayar kebutuhan bulanan ataupun dana darurat.

Jika ada dana berlebih, sebaiknya di alokasikan untuk kebutuhan investasi.

Tersedia banyak investasi syariah terbaik yang dapat Anda pilih. Mulai dari deposito syariah, reksadana syariah hingga syirkah dapat menjadi pilihan.

Sebagai permulaan, Anda dapat memulainya dengan membuka deposito berjangka syariah.

Nah, biasanya deposito berjangka di bank syariah dapat dibuka dengan minimal dana Rp. 5 juta atau Rp. 10 juta.

Jika Anda butuh menabung untuk membuka deposito syariah pertama, atau deposito dengan nominal dana lebih besar. Gunakanlah tabungan berjangka syariah, untuk membantu Anda rutin mempersiapkan dana investasi tersebut.

Kiat Menabung Berencana

Rencana terbaik belum pasti akan membuat Anda berhasil mencapai target dana impian Anda.  Sebab, Motivasi terbaik dan konsistensi terbaik juga menjadi pembentuk keberhasilan menabung di tabungan rencana syariah.

Beberapa tips berikut telah berhasil meningkatkan keberhasilan para penabung. Cermati dan cobalah untuk mencobanya.

Pertama, menabunglah untuk target dana yang tidak memberatkan keuangan, namun cukup menantang untuk ditaklukkan.

Kedua, pilihlah jangka waktu yang pendek. Misal, bukalah tabungan berencana selama 1 tahun. Selain lebih cepat selesai, anda juga mendapat kemenangan kecil. Yaitu, mulai tampaknya jumlah dana yang berhasil dihimpun.

Ketiga, pilih produk tabungan rencana syariah yang periode menabungnya berakhir setelah berakhirnya periode menabung, atau target dana telah terpenuhi.

Keempat, lebih baik mengunakan produk simpanan dengan fasilitas autodebet rutin dan top up non-rutin. Misal, pada produk tabungan bank muamalat, top up saldo rekening Tabungan ib Hijrah Rencana dapat juga dilakukan mengunakan mobile banking muamalat.

Kelima, Buka kembali tabungan rencana, dengan saldo awal yang berasal dari saldo akhir tabungan rencana di periode sebelumnya.

insyaAllah, lima  kiat tersebut dan beberapa tips menabung cepat lainnya, dapat membantu Anda mewujudkan, melalui tabungan berjangka syariah terbaik pilihan Anda.

Bagikan artikel ini,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.