[ADINSERTER AMP]

4 Produk Tabungan Bank Muamalat Buat Teman Ber-hijrah

Anda mungkin telah familiar dengan beberapa produk bank muamalat?

Tak mengherankan!

Sebab, produk tabungan, deposito, ataupun pembiayaan disukai oleh mereka yang hijrah dari perbankan berakad riba.

 

Dan seakan ingin meningkatkan keungulannya sebagai bank syariah terbaik untuk menabung. Bank pertama murni syariah ini, baru saja melakukan launching produk tabungan bank muamalat terbaru.

Melalui Kampanye #ayoHijrah, bank yang exist melayani jasa keuangan syariah selama lebih dari 20 tahun ini, meluncurkan produk dengan brand baru, hijrah.

Re-branding jasa penghimpunan dana ini dilakukan dengan menyematkan kata “hijrah” pada setiap produk tabungan dan deposito syariah mereka.

Selain itu,bank syariah pertama di Indonesia ini juga meniadakan kata “muamalat” pada penamaan produknya.

Mungkin saja karena kata muamalat, sudah sangat dikenali masyarakat sebagai brand bank syariah.

Tabungan Bank Muamalat

Jika sebelumnya, customer service menawarkan produk tabungan iB muamalat. Sekarang, mereka akan menawari anda untuk membuka tabungan iB hijrah.

Sepertinya lebih keren dan kekinian bukan?

Strategi baru ini mencoba mengasosiasikan produk bank muamalat dengan gerakan hijrah yang telah menjadi tren saat ini, dan mungkin juga nanti.

Langkah tersebut mengikuti pendekatan BNI Syariah dengan produk hasanahnya. Dan juga BRIS yang menyematkan kata “faedah” pada produk tabungan dan deposito berjangka syariah mereka.

CEO Bank muamalat mengatakan bahwa konsep berhijrah meliputi tiga hal, yaitu memulai, melengkapi dan menyempurnakan hijrah.

Dan memilih untuk mengunakan produk hijrah dari bank muamalat adalah salah satu hal simpel dan mudah dilakukan, untuk memulai momentum berhijrah, atau menyempurnakan proses hijrah yang sedang dijalani.

Kabar baiknya, produk tabungan terbaru ini, bukan hanya berganti nama saja. Namun juga dibekali dengan beberapa fitur berfaedah untuk menemani kamu mengapai hasanah saat berhijrah.

Cermati kekurangan dan kelebihannya berikut ini.

1. Mulailah dengan Tabungan Hijrah

Tabungan bank muamalat ini adalah produk utama yang dibutuhkan untuk mengakses layanan keuangan lainnya.

Tersedia dua pilihan akad, yaitu perjanjian titipan dan kerjasama bagi hasil.

Apapun pilihan akad tabungan hijrahnya, Anda dapat menikmasi akses layanan perbankan syariah terbaik dari bank pertama murni syariah ini.

Layanan keuangan tersebut meliputi: realtime transfer, kliring dan RTGS. Atau layanan isi ulang prabayar telpon dan PLN, serta pembayaran tagihan dan angsuran pembiayaan dapat dilakukan melalui ATM mengunakan kartu shar-E debit berlogo Visa.

Dan juga mengunakan fasilitas internet banking dan aplikasi mobile banking muamalat di smartphone.

Bagi yang membutuhkan tabungan untuk transaksi valuta asing, tersedia juga tabungan dolar muamalat hijrah.

Cermati tips cara membuka tabungan bank muamalat berikut ini, untuk membantu memutuskan produk bank muamalat yang sesuai dengan kebutuhan anda.

  • Membuka tabungan untuk simpanan dan ingin tidak terbebani biaya administrasi bulanan, maka pilihlah tabungan bank muamalat akad wadiah.
  • Dan bukalah tabungan iB Hijrah mudharabah apabila Anda ingin memaksimalkan keuntungan investasi. Dan berkenan membayar sedikit biaya pengelolaan rekening tabungan.

Informasi terbaru, Efektif per 1 februari 2019, bank muamalat mengalihkan produk tabungan iB hijrah akad mudharabah, menjadi produk Tabungan iB Hijrah Prima. Agar nasabah lebih berpeluang memperoleh keuntungan bagi hasil yang lebih kompetitif.

2. Nikmati keuntungan lebih Tabungan Hijrah Prima

Produk bank muamalat ini pada awalnya diperuntukkan bagi nasabah yang menginginkan kebutuhan transaksi bisnisnya terpenuhi.  Dan sekaligus memperoleh keuntungan investasi lebih optimal dari dana yang ditempatkan di bank.

Namun, sejak awal Februari 2019, manajemen bank memberikan kesempatan kepada lebih banyak nasabah memperoleh layanan prima dari tabungan bank muamalat mereka. Yaitu, dengan mengalihkan produk Tabungan iB Hijrah dengan akad mudharabah menjadi Tabungan iB Hijrah Prima.

Layanan apa saja yang lebih prima pada jenis tabungan ini?  Berikut ini adalah beberapa kelebihannya dibandingkan tabungan syariah lainnya.

  1. Nasabah memperoleh fasilitas bebas biaya realtime transfer, bebas biaya kliring SKN, dan RTGS
  2. Bagi anda yang sering bepergian dengan pesawat terbang, dapat juga menikmati fasilitas bebas biaya airport lounge
  3. Lebih untung dengan nisbah yang kompetitif

Ketiga fasilitas prima tersebut diberikan pada nasabah yang memenuhi syarat ketentuan tertentu.

Misal, bagi hasil lebih kompetitif berupa porsi nisbah 25%, mulai diberikan kepada nasabah yang memiliki saldo rata-rata sebesar Rp. 100 Juta.

Semakin besar dana yang nasabah investasikan melalui tabungan prima, maka bagi hasil yang diterima semakin bertambah pula.

Tak jarang produk ini digunakan oleh nasabah yang memiliki saldo giro lumayan besar, guna mendapatkan keuntungan lebih dari pendapatan bagi hasil.

Sebab, rekening giro umumnya mengunakan akad wadiah yang dananya hanya mengendap, serta tidak memperoleh imbalan bagi hasil.

Sedangkan jika ditempatkan di deposito berjangka syariah, maka dana tersebut menjadi tidak likuid. Terutama ketika dibutuhkan untuk pembayaran transaksi sebelum jatuh tempo deposito.

Selain itu, Pemegang Tabungan Hijrah Prima juga dapat mengikuti program tabungan prima muamalat berhadiah. Melalui program ini, nasabah berkesempatan memilih hadiah diawal mereka mulai menabung.

3. Rencanakan keuangan dengan Tabungan Hijrah Rencana

Sebagian orang memililih untuk rutin menabung sejumlah uang untuk mempersiapkan kebutuhan biaya pendidikan, biaya pernikahan dan uang muka rumah atau kendaraan mereka.

Sebagian lagi rutin menabung untuk membiayai ibadah umroh dan ibadah qurban.

Alih-alih mengunakan tabungan biasa, produk bank muamalat ini merupakan solusi bagi perencanaan keuangan, guna memenuhi rencana dan impian dimasa depan.

Setidaknya karena 3 keuntungan yang dimilikinya,

Pertama, Anda dapat memulai dengan setoran Rp. 100 ribu per bulan. Dan dapat menentukan lama periode menabung, mulai dari 3 bulan atau maksimal 20 tahun.

Kedua. Proses transaksinya juga lebih nyaman. Mengunakan fasilitas autodebet dari Tabungan Hijrah. Sehingga Anda tidak akan lupa menabung, dan juga tidak perlu ikut antrian di teller bank untuk bertransaksi.

Terakhir, tabungan berjangka syariah bank muamalat memiliki bagi hasil lebih kompetitif dibandingkan tabungan biasa.  Anda juga dapat melihat proyeksi total dana yang terhimpun pada akhir periode menabung.

Nah, ada lagi tambahan bonus dari tabungan rencana bank muamalat ini. Yaitu, manfaat asuransi syariah sebesar 20X besaran setoran bulanan. Gratis, tanpa harus bayar kontribusi.

Jika anda ingin memiliki tabungan emas bank muamalat, Anda dapat mengunakan jenis tabungan ini untuk mewujudkan impian memiliki simpanan emas.

4. Sempurnakan hijrah dengan Tabungan Hijrah Haji

Jika sempurnanya rukun Islam adalah ketika naik haji ke mekah telah ditunaikan.

Maka, memiliki tabungan haji bank muamalat telah membantu Anda menyempurnakan niat menunaikan ibadah haji.

Tabungan bank muamalat yang didesain guna membantu proses menabung dana haji, dapat dibuka dengan setoran awal ringan, dan tersedia dalam pilihan rekening rupiah atau USD.

Guna memudahkan nasabah menabung, bank menyediakan layanan standing instruction bulanan atau harian, agar pemilik rekening tidak perlu melakukan penyetoran rutin via teller bank.

Atau anda juga dapat memanfaatkan mobile banking bank muamalat untuk membuat setingan autotransfer dari rekening Anda lainnya.

Sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH), bank akan menyetorkan dana ke rekening Kementrian Agama RI. Tentuanya sesuai syarat dan ketentuan berlaku saat anda mendaftar haji.

Tambahan lagi, produk bank muamalat ini adalah solusi  paket lengkap bagi perjalanan haji Anda.

Sebab, tabungan hijrah haji dapat dilengkapi dengan kartu Shar-E Debit Muamalat.

Mengunakan kartu ATM tersebut, Anda tidak perlu membawa uang tunai berlebih saat menunaikan ibadah haji.

Cukup masukkan sejumlah dana kebutuhan Anda ke rekening tabungan haji muamalat.

Lalu Anda dapat bertransaksi ATM dan melakukan pembayaran saat beribadah haji, melalui jaringan ATM Bank Muamalat, ATM Plus/Visa, ATM Bersama, ATM.

Jadi, Tabungan Hijrah Haji bukan hanya rekening untuk mengumpulkan ongkos naik haji dan melakukan pembayaran biaya haji saja.

produk bank muamalat hijrah
image by youtube.com

Cara membuka Tabungan Bank Muamalat

Dan ternyata, cara membuka tabungan hijrah bank muamalat mudah saja.

Pertama, Anda mendatangi kantor cabang yang mudah anda datangi. Cek lokasi bank muamalat terdekat melalui tautan ini, Jaringan Bank Muamalat.

Berikutnya, siapkan KTP dan setoran awal pembukaan rekening. Biasanya Rp. 50 ribu untuk pembukaan tabungan haji, atau Rp. 100 ribu untuk tabungan lainnya.

Selanjutnya pilih jenis tabungan bank muamalat sesuai kebutuhan Anda. Cermati beberapa tips berikut sebagai pertimbangannya,

  • Awali dengan membuka Tabungan Hijrah akad wadiah,
  • Bukalah Tabungan Hijrah Prima jika saldo tabungan berpotensi melebih Rp. 100 juta, agar mendapatkan pendapatan bagi hasil lebih optimal.
  • Buka juga Tabungan Rencana Bank Muamalat, jika saldo tabungan masih akan dibawah Rp. 100 juta. Cermati beberapa tips mengenai hal ini di artikel mengenai tabungan berjangka syariah ini.
  • Dan jangan lupa, buka Tabungan Hijrah Haji, agar hijrah makin mendekati sempurna.

Terakhir, jangan lupa untuk aktivasi layanan internet banking atau mobile banking bank muamalat. Agar fitur produk bank muamalat Anda semakin lengkap. Dan memudahkan transaksi muamalah Anda.

Bagikan artikel ini,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.