10 Produk Pegadaian Syariah, dari Pinjaman, Emas hingga Jasa

  • Home
Produk Pegadaian Syariah

Seperti halnya lembaga keuangan syariah, pegadaian syariah adalah versi khusus dari saudara tuanya, pegadaian. Karena itulah produk pegadaian syariah serupa dengan produk perusahaan gadai konvensional tersebut. misal, pegadaian emas serta pinjaman dengan gadai BPKB motor dan mobil, merupakan contoh transaksi gadai yang dapat dilakukan di lembaga gadai syariah atau konvensional.

Meskipun begitu, terdapat  juga produk yang hanya dapat diakses di pegadaian syariah.

Produk Pegadaian Syariah

image by tempo.co

Setidaknya terdapat 10 produk gadai berbasis syariah yang dapat kamu coba. Keseluruhan produk tersebut terdiri dari 6 produk pembiayaan, 2 produk investasi emas, dan 2 produk jasa lainnya.

#1. Produk Pegadaian Syariah untuk Pinjaman

Pemberian pinjaman dana merupakan bisnis utama pegadaian. Dan untuk memberikan solusi pinjaman tanpa riba, pegadaian menyediakannya melalui unit bisnis khusus, pegadaian syariah.

Skema pegadaian syariah adalah melalui pemberian pinjaman dana kepada nasabahnya, dengan ketentuan nasabah akan mengembalikan sebesar pokok pinjaman dananya, tanpa tambahan. Dan nasabah diharuskan menggadaikan barang yang dimilikinya, sebagai jaminan hutang.

Bagaimana dengan sistem bunga pegadaian syariah?

Ternyata pendapatan gadai syariah berasal dari ujroh akad ijarah antara pegadaian dengan nasabah, atas pemeliharaan barang jaminan.

Bagaimanakah contoh gadai syariah tersebut dilakukan? Yuk simak produk-produk pinjaman di pegadaian syariah berikut ini

1. Rahn

Layanan rahn pegadaian syariah memberikan solusi atas kebutuhan pinjaman dana cepat dan halal.

Caranya dengan menjaminkan barang tertentu dan mengajukan pinjaman uang berdasarkan taksiran nilai tersebut.

Skema gadai membuat proses pencairan dana menjadi lebih cepat dibandingkan pengajuan kredit bank. Situs resmi pegadaian syariah menyatakan bahwa waktunya hanya sekitar 15 menit.

Jangka waktu pinjaman pun fleksibel. Masa pinjaman dapat diperpanjang dengan cara membayar ujroh saja. Atau jika sudah tersedia sebagian dana, dapat juga mengangsur sebagian pinjaman terlebih dahulu.

Rahn juga merupakan salah satu penyebab perbedaan pegadaian syariah dan konvensional. Sebab itulah, gadai di pegadaian syariah memiliki lebih banyak jenis produk dibandingkan pegadaian konvensional.

Ketiga jenis produk rahn pegadaian syariah adalah,

  • Rahn – merupakan gadai dengan barang jaminan berupa perhiasan, kendaraan dan elektronik. dengan ketentuan pengembalian sebesar pokok pinjaman ditambah biaya pemeliharaan (mu’nah)
  • Rahn Hasan – merupakan pinjaman dengan mengadaikan barang jaminan tertentu, tanpa biaya pemeliharaan (mun’ah).
  • Produk Rahn Tasjili tanah – adalah produk gadai dengan jaminan berupa sertifikat tanah. Khusus bagi petani dan pengusaha mikro.

Kelebihan lainnya adalah persyaratan yang mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan fotokopi KTP, dan menyerahkan barang jaminan. Sertakan juga kelengkapan dokumen asli kepemilikan barang yang digadaikan.

2. Arrum BPKB

Arrum BPKB adalah produk rahn yang diperuntukkan khusus bagi pelaku usaha mikro, dengan mengunakan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor sebagai jaminannya.

Produk pegadaian syariah ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Untuk memudahkan mengatur keuangan, tersedia pilihan jangka waktu, mulai dari 12, 18, 24 hingga 36 bulan.

Caranya pun mudah dan praktis.

Pertama, ajukan permohonan pembiayaan usaha ke gerai pegadaian syariah. Dan pastikan telah menyertakan dokumen identitas diri seperti KTP dan Kartu keluarga. Sertakan juga buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB), fotokopi STNK dan faktur pembeliannya.

Selanjutnya tim pegadaian akan menganalisa kelayakan usaha dan melakukan verifikasi dokumen.

Setelah itu, kamu perlu menyiapkan diri saat tim pegadaian melakukan survey tempat dan kondisi usaha, serta kendaraan yang akan digadaikan.

Jika permohonan dinilai layak, maka tambahan modal dan sesuai syariah akan diberikan. manfaat gadai BPKB mobil dan motor lainnya adalah kendaraan masih dapat digunakan mendukung kegiatan usahamu.

3. Amanah

Jika Arrum BPKB merupakan gadai syariah untuk kendaraan telah dimiliki, maka produk pegadaian syariah amanah adalah transaksi gadai syariah untuk kendaraan yang belum dimiliki.

Skemanya seperti berikut ini.

Berbekal fatwa DSN-MUI nomor 92 tahun 2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn atau al-tamwil al-Mautsuq bi al-Rahn. Pegadaian syariah mengeluarkan produk kredit motor tanpa riba, yaitu pegadaian amanah.

Pegadaian memberikan pinjaman untuk membeli kendaraan dengan perjanjian qardh, lalu BPKB kendaraan tersebut dijadikan jaminan dengan akad rahn. Dan nasabah mencicil angsuran qardh plus mu’nah atau jasa pemeliharaan selama jangka waktu pembiayaan.

Layanan pegadaian amanah ini tersedia bagi karyawan tetap maupun pegusaha UMKM, untuk kepemilikan motor ataupun mobil. Dengan pilihan jangka waktu mulai dari 12 hingga 60 bulan.

Karena bunga kredit mobil dan motor di pegadaian syariah lebih kompetitif. Produk amanah menjadi salah satu produk pembiayaan paling diminati oleh mereka yang berencana membeli kendaraan baru ataupun bekas.

4. Arrum Haji

Produk pegadaian syariah terbaru ini merupakan produk pegadaian syariah yang memberikan pinjaman untuk mendaftar haji.

Caranya mudah. Cukup dengan mengunakan emas atau keping logam mulia sebanyak 15 gram atau setara Rp. 7,5 juta. Kamu dapat memperoleh tabungan haji yang langsung dapat digunakan untuk memperoleh nomor porsi haji.

Dengan skema gadai, Anda tidak perlu khawatir mengenai pemeriksaan kelayakan pembiayaan, karena persyaratannya untuk mengunakan produk sejenis talangan haji ini hanya dua. Yaitu, Anda memenuhi syarat sebagai pendaftar haji dan juga fotokopi KTP yang masih berlaku.

#2. Produk Investasi Emas

Selain pinjaman dengan menjaminkan emas mengunakan produk pegadaian emas. Juga tersedia layanan bagi mereka yang ingin berinvestasi emas sebagai portfolio investasi syariah terbaik mereka.

Pegadaian syariah menyediakan dua jenis produk, yaitu produk kepemilikan emas dan produk menabung emas.

Yuk cermati kedua produk yang mungkin cocok untuk kebutuhan investasi emas kamu.

1. Mulia

Produk murabahah logam mulia Untuk Investasi Abadi, atau lebih dikenal sebagai produk mulia adalah produk penjualan emas batangan kepada masyarakat, baik secara tunai maupun kredit.

Emas batangan atau logam mulia (LM) dapat dimiliki secara kredit dengan uang muka ringan mulai dari 10%, dengan jangka waktu angsuran mulai 3 bulan hingga 36 bulan.

Sedangkan untuk pembelian tunai, hanya perlu mendatangi loket pegadaian syariah terdekat dan membayar nilai logam mulia sesuai harga ter-update.

Seperti halnya program mulia di pegadaian konvensional. Anda dapat mulai mencicil emas di pegadaian secara invidu, kolektif atau dengan mengikuti program arisan emas pegadaian.

2. Tabungan Emas

Kamu juga dapat mulai menabung emas mulai dengan berat 0,01 gram mengunakan produk pegadaian syariah.

Cara buka tabungan emas pegadaian syariah juga simpel. Cukup melampirkan fotokopi KTP dan mengisi form pembukaan rekening.  Agar rekeningnya aktif, Anda juga perlu membayar biaya administrasi sebesar Rp. 5 ribu dan jasa tititpan sebesar Rp. 30 ribu per tahun.

Berbeda dengan tabungan emas bank muamalat, mengunakan produk pegadaian syariah ini, anda dapat langsung mengetahui jumlah emas yang sudah berhasil di tabung.

Sebab, setiap pembelian emas akan langsung dikonversikan kedalam besar gram emas, dan tercatat history transaksi dan saldonya di buku tabungan emas pegadaian kamu.

Jika suatu saat ingin untuk mencetaknya menjadi keping logam mulia, dapat dilakukan dengan pilihan keping mulai dari 5gr hingga 100 gr. Dan membayar biaya pencetakan logam mulianya.

Atau jika membutuhkan dana tunai segera, kamu dapat menjual kembali dengan minimal penjualan seberat 1 gram.

#3. Jasa dan Layanan lainnya

Sebagai produk pelengkap, pegadaian syariah menyediakan dua layanan tambahan, yang dapat dikombinasikan dengan produk pegadaian syariah berbasis pinjaman dan investasi emas.

Layanan pertama merupakan layanan bagi pembayaran macam-macam tagihan, sedangkan layanan kedua adalah produk seperti safe deposit box (SDB) bank, dengan beberapa keunggulannya.

Berikut adalah penjelasan lebih detailnya.

1. Multi Pembayaran Online

Produk pegadaian ini tak ubahnya seperti Payment Point Online Bank (PPOB).

Kamu dapat melakukan pembayaran tagihan listrik, telpon, pulsa, air minum, pembelian tiket dan berbagai tagihan lainnya secara online di gerai pegadaian syariah terdekat.

layanan produk pegadaian syariah

Caranya dengan membawa dan menyerahkan nomor pelangganan atau nomor tagihan yang akan dilunasi tagihannya. Selanjutnya membayar tagihan dan  biaya administrasi transaksi yang kompetitif.

Sehingga kamu dapat melakukan transaksi secara real time. Tanpa harus memiliki rekening bank.

Saat sedang kekeurangan dana, kamu dapat mengunakan layanan MPO ini bersamaan dengan transaksi gadai emas. Sehingga dapat menghindari masalah, akibat tunggakan yang jatuh tempo untuk dilunasi.

2. Konsinyasi emas

Inovasi produk pegadaian syariah ini memungkinkan investasi emas kamu lebih menguntungkan daripada disimpan di rumah saja. Setidaknya karena dua hal, yaitu

  • Emas aman karena terproteksi 100% dan disimpan di pegadaian
  • memperoleh keuntungan dari penjualan emas

Persyaratannya cukup dengan menyertakan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), melampirkan kuitansi pembelian emas, atau berita acara serah terima emas yang dibeli di pegadaian. Dan mengisi formulir pengajuan konsyinyasi emas dilengkapi 2 lembar materai 6000.

Perjanjian konsinyasi berlaku selama 3 bulan dengan ketentuan barang yang dikonsinyasikan hanya dapat ditransaksikan sebanyak 1 kali, setiap periode akadnya.

Jika emas konsinyasi kamu terjual, anda akan memperoleh pendapat bagi hasil penjualan setelah emas penganti anda terima.

Namun, jika tidak terjual Anda tetap untung telah mendapatkan tempat penyimpanan emas dengan jaminan keamanan selama periode penitipan dengan gratis.

Lebih hemat dibandingkan menyewa SDB bukan!

Nah, ternyata ada 10 produk pegadaian syariah yang bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan pinjaman dana cepat atau untuk memulai investasi emas, sesuai syariah.

Meskipun terdapat juga produk sejenis di pegadaian biasa. Sebaiknya mengutamakan bertransaksi di gerai pegadaian syariah terdekat.  Agar kamu dapat menyelesaikan masalah tanpa masalah riba atau muamalah terlarang lainnya