[ADINSERTER AMP]

Konsinyasi Emas di Pegadaian, Cara Aman Memulai Investasi

Penasaran dengan pengalaman konsinyasi emas di pegadaian?

Atau ingin tahu apa saja kekurangan dan kelebihan produk peraih penghargaan Inovasi terbaik, pada BUMN Innovation awards 2013 silam ini?

Yuk cermati beberapa fakta menarik produk pegadaian yang bisa kamu dapatkan di semua galeri 24 pegadaian terdekat.

Layanan Konsinyasi Emas

Lazim diketahui bahwa konsinyasi adalah praktik menitipkan barang untuk dijualkan pihak lain, dengan pembayaran setelah barang titipan berhasil dijual.

Produk inovatif pegadaian ini mirip seperti praktik konsinyasi pada umumnya, namun dengan satu fitur menarik.

Ya, konsinyasi emas adalah layanan titip-jual emas di pegadaian konvensional dan syariah. Dengan ketentuan pembayaran konsinyasi kepada penitip emas, berupa sejumlah gram emas yang dikonsinyasikan, plus nominal keuntungan penjualan.

konsinyasi emas di pegadaian
image by pocketsense.com

Coba cermati contoh kasus berikut:

Misal, setelah mengecek harga emas pegadaian, kamu memutuskan untuk membeli 10 gram emas, kemudian melakukan konsinyasi dengan jangka waktu 3 bulan.

Dalam masa kontrak tersebut, pegadaian menjual emas yang kamu titipkan ke pembeli lain.

Setelah emas terjual, pegadaian akan mengorder keping pengganti keping 10 gram milik dari Antam.

Setelah, kantor cabang pegadaian memperoleh emas pengganti. Keuntungan penjualan plus keping LM baru tersebut akan diserahkan kembali.

Kamu juga dapat menikmati beberapa keuntungan konsinyasi emas di pegadaian berikut ini.

1. Tambahan pendapatan investasi

Jika dibandingkan, harga emas antam vs emas pegadaian, maka setiap pembelian emas di pegadaian lebih mahal 3% dibandingkan harga emas antam.

Keuntungan pegadaian  inilah yang dibagi dengan nasabah konsinyasi, proporsinya adalah 2/3 bagian untuk pegadaian dan 1/3 bagian hak nasabah.

Dengan skema konsinyasi emas seperti ini, maka keuntungan investasi emas kamu bukan saja berasal dari selisih harga beli dan harga jual kembali.

Melainkan juga dari pendapatan fee based apabila emas yang dikonsinyaskan berhasil terjual.

Nilainya lumayan. Dan pastinya lebih untung dibandingkan emas hanya disimpan di rumah ataupun safe deposit box.

2. Menyimpan emas dengan aman

Terkadang memulai investasi emas terkendala akan tempat penyimpanan emas yang aman. Seringkali dibutuhkan investasi tambahan untuk membeli brangkas, brangkas buku atau menyewa safe deposit box bank yang tidak murah.

Dengan mengunakan layanan pegadaian ini keseluruhan biaya tambahan tersebut itu tidak lagi dibutuhkan.

Sebab, selama masa kontrak konsinyasi, emas kamu akan tersimpan di pegadaian dan terproteksi 100%, tanpa perlu mengeluarkan biaya asuransi tambahan.

Jika emas tidak terjual, perpanjangan kontrak konsinyasi dapat dilakukan, dan juga tanpa biaya tambahan.

Sekarang, kamu dapat memulai investasi emas tanpa khawatir kehilangan emas akibat resiko kehilangan atau bencana.

3. Selalu emas baru

Karena order emas pengganti dilakukan setelah emas terjual. Maka emas kamu yang dikonsinyasikan akan diganti dengan emas antam cetakan terbaru.

Kamu dapat mengetahuinya berdasarkan sertifikat logam mulia yang dikeluarkan Antam.

Meskipun tidak berpengaruh terhadap nilai buyback emas di pegadaian, namun sebagian orang berpendapat bahwa menyimpan keping LM baru lebih menyenangkan dibandingkan keping emas lama.

Cara Konsinyasi Emas

Dan ternyata, cara titip emas di pegadaian memang mudah. Persyaratannya pun tidak merepotkan.

Syarat pertama layanan ini adalah emas yang dikonsinyasikan harus merupakan emas yang dibeli di pegadaian.

Emas tersebut dapat dibeli melalui produk mulia tunai, maupun cicilan emas pegadaian. Namun, untuk emas yang dibeli secara kredit, konsinyasi baru dapat dilakukan setelah cicilan emas lunas.

Atau, jika memiliki saldo di pegadaian tabungan emas, maka saldo emas kamu harus dicetak menjadi keping emas terlebih dahulu.

Syarat konsinyasi emas berikutnya adalah mengisi formulir pengajuan konsinyasi dan sertakan 2 lembar materai 6000  dan fotokopi identitas diri yang masih berlaku. Sebaiknya mengunkan KTP.

Terakhir, sertakan juga bukti kuitansi pembelian emas, atau bukti berita acara serah terima emas dari pegadaian. Sebagai bukti sah kepemilikan logam mulia kamu.

Setelah memenuhi keseluruhan persyaratan, selanjutnya tinggal menunggu emas kamu terjual.

Kontrak berlangsung selama maksimal 3 bulan. Pegadaian menawarkan fleksibelitas untuk melanjutkan atau melakukan pemutusan kontrak sebelum jatuh tempo. Begitu juga untuk melakukan konsinyasi kembali, apabila emasmu telah sudah terjual.

Pengalaman beberapa penguna layanan ini, terdapat satu kelemahan konsinyasi emas di pegadaian. Yaitu, pembatasan penjualan emas yang hanya dapat dilakukan 1 kali setiap kontrak konsinyasi.

Namun, kekurangan tersebut mudah diatasi. Sebab, kamu dapat memeriksa status penjualan emas konsinyasi melalui aplikasi pegadaian digital. Jika sudah terjual, segera buat kontrak baru, untuk periode konsinyasi berikutnya.

Bagaimana hukum syariahnya?

Layanan titip-jual emas ini juga merupakan produk pegadaian syariah. InsyaAllah, produknya telah memenuhi kaidah syariah dan boleh dimanfatkan.

Sebab, setiap produk syariah yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan syariah, mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh MUI, melalui fatwa Dewan syariah nasional. Dan mendapat persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Selain itu, bisnis konsinyasi emas ala pegadaian ini ternyata berasal dari salah satu konsep muamalah dalam islam, yaitu akad mudhrabah.

Ya, kamu sebagai investor, dan pegadaian sebagai pengelola. Dan keuntungan dibagi berdasarkan porsi bagi hasil yang disepakati.

Menarik bukan? Sekarang, investasi emasmu dapat dimulai dengan aman di pegadaian.

Bagikan artikel ini,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.