contoh cara kerja reksadana

Contoh Sederhana Cara Kerja Reksadana Untuk Pemula

Semakin banyak masyarakat berinvestasi mengunakan produk reksadana. Sebab reksadana menawarkan kemudahan dalam proses pembelian dan penjualannya.

Keuntungan investasi reksadana lainnya adalah pilihan investasinya dapat disesuaikan dengan tingkat resiko yang Anda dapat terima. Sehingga, investor yang khawatir terhadap kemungkinan penurunan nilai investasi mereka di masa depan, tersedia pilihan investasi reksadana pendapatan tetap, sedangkan bagi yang ingin memaksimalkan keuntungan dapat memilih reksadana saham.

Bagaimana reksadana bekerja memaksimalkan hasil investasi Anda? Berikut panduan cara kerja reksadana, mulai dari penerbitan reksadana sampai kepada cara mendapatkan keuntungan dari investasi reksadana.

Kenapa memilih investasi reksadana

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk tujuan investasi. Dana yang terkumpul secara kolektif tersebut digunakan untuk melakukan investasi deposito, obligasi, sukuk, saham dan surat berharga lainnya oleh manajer investasi (MI).

Meskipun istilah saham, obligasi, atau sukuk mudah didapati. Namun investasi pada portofolio efek tersebut sulit diakses oleh masyarakat kebanyakan. Salah satu penyebabnya adalah investasi tersebut membutuhkan jumlah dana yang cukup besar untuk memulainya. Bahkan investasi deposito pun, baru akan memdapatkan imbal hasil signifikan, jika disimpan dalam dalam nominal besar.

Reksadana dengan sistem kolektifnya, memungkinkan investasi porfolio efek tersebut dilakukan dengan modal relatif kecil, mulai Rp. 100.000.

Bonusnya lagi, investor reksadana mendapatkan bantuan dari Manajer Investasi dalam memilihkan saham atau obligasi yang akan diinvestasikan. Sebab, mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam berinvestasi efek, serta dipersenjatai dengan sistem dan tools untuk melakukan analisa terhadap portofolio investasi.

Manajer investasi juga melakukan pembagian investasi kedalam beberapa jenis efek berbeda. Selain untuk tujuan memaksimalkan hasil investasi, metode ini juga dapat meminimalkan resiko investasi.

Misal, pada reksadana saham, tidak seluruh dana yang terhimpun digunakan untuk investasi saham, sebagian disalurkan pada investasi obligasi. Dan Adapun alokasi dana untuk investasi saham, juga digunakan untuk membeli beberapa jenis saham dari berbagai sektor ekonomi yang berbeda.

Cara kerja reksadana

Pada tahap persiapan sebelum MI menjual reksadana, mereka mencari sponsor sebagai penyandang dana untuk investasi awal, untuk membeli saham atau obligasi.

Coba perhatikan simulasi reksadana pendapatan tetap dari Samuel Aset Manajemen berikut ini.

contoh cara kerja reksadana

Contoh penawaran perdana reksadana pendapatan tetap

Misal, MI mampu memperoleh dana Rp. 200 milyar, maka dana kolektif itu digunakan untuk membeli portofolio berupa saham-saham atau obligasi. Total Nilai efek ini  setelah dikurangi biaya-biaya rekasadana dan kewajiban pajak disebut sebagai Nilai Aktiva Bersih (NAB), terkadang disebut juga sebagai Net Asset Value (NAV). Pada contoh reksadana ini nilai NAB pada penawaran perdana adalah Rp. 200 Milyar.

Biasanya pada penawaran perdana umum perdana reksadana, harga 1 unit penyertaan (UP) dipatok Rp. 1.000. Maka total unit penyertaan reksadana tersebut adalah 200.000 UP.

Total UP  = Rp. 200 milyar : Rp. 1.000

Misal, calon pemberi dana (sponsor) yang menyediakan dana Rp. 1 juta untuk investasi, maka sponsor tersebut akan memperoleh 1.000 UP.

Selanjutnya bagi investor yang ingin berinvestasi reksadana setelah penawaran perdana, mereka dapat membeli reksadana tersebut dengan harga sebesar nilai aktiva bersih per unit.

NAB per unit = NAB : Total UP

Jika setelah satu bulan investasi, nilai portofolio efek yang dikelola manajer investasi mengalami kenaikan sehingga total nilai efeknya dikurangi biaya pengelolaan reksadana menjadi sebesar Rp. 201 milyar. Maka NAB/unit reksadana tersebut menjadi sebesar Rp. 1.025

NAB per unit = Rp. 205 milyar : 200.000

Dengan ini nilai reksadana investor meningkat menjadi Rp. 1.025.000. Dan jika sponsor tersebut menjual reksadananya, dia akan mendapatkan keuntungan reksadana sebesar Rp. 25 ribu, dikurangi biaya penjualan.

Contoh sederhana cara kerja reksadana tidak menunjukkan nilai sebenarnya pendapatan reksadana. Sebab, pendapatan setara suku bunga reksadana biasanya lebih tinggi dibandingkan tabungan atau deposito.

Ilustrasi dibawah ini mengambarkan performa reksadana SAM Dana Kas, setelah 7 bulan sejak pertama diterbitkan pada bulan Februari 2017. Nilai NAV (atau NAB), telah meningkat sebanyak 3,62%.

contoh cara kerja reksadana pendapatan tetap

Contoh hasil investasi reksadana

Jika diasumsikan kenaikan nilai NAB meningkat secara proporsional, maka pada setelah 1 tahun nilai NAB reksadana ini meningkat 6,20%. Maka, pendapatan setara suku bunga reksadana pendapatan tetap ini lebih tinggi dibandingkan tabungan dan beberapa produk deposito.

Bahkan, beberapa produk reksadana saham dapat memberikan imbal hasil lebih dari 20% p.a. Cek artikel investasi syariah terbaik ini, untuk mengetahui contoh reksadana saham syariah dengan imbal hasil investasi terbaik tahun 2017.