[ADINSERTER AMP]

5 Tips Menabung Cepat Berhasil dan Banyak

Pernahkah Anda memperoleh Tips menabung cepat berhasil dan banyak?

Jika sudah pernah, bagaimanakah saldo tabungan Anda saat ini?

Jika saldo Anda telah rutin bertambah banyak dari bulan ke bulan, maka ada baiknya sebagian saldo tabungan Anda investasikan. Sebab, salah satu cara cepat kaya adalah dengan giat melakukan investasi saat memiliki kelebihan simpanan.

Anda bisa klik artikel 5 peluang investasi syariah terbaik untuk memulainya.

5 Tips Menabung Cepat

Jika saldo tabungan Anda belum bertambah banyak atau bahkan belum memulainya, maka cara menabung agar cepat banyak dan berhasil berikut ini dapat membantu mengakhiri bermacam kisah kegagalan menabung.

1. Miliki Tujuan Menabung

Tujuan merupakan pengerak pesawat garuda terbang dari bandara Soekarno Hatta menuju London. Begitu juga agar saldo tabungan bergerak dari seratus ribu sampai jutaan bahkan ratusan juta rupiah, Anda perlumenetapkanĀ  tujuan untuk memulainya.

Adanya tujuan dapat membuat Anda lebih disiplin mengalokasikan dana setiap bulan agar sasaran Anda segera tercapai. Selain itu, memiliki panduan untuk menilai tingkat keberhasilan Anda menyimpan uang. Sehingga jika dibutuhkan Anda dapat menyesuaikan besaran simpanan yang akan ditabungkan guna mencapai target.

Keuntungan lainnya adalah menetapkan tujuan mudah dan murah untuk dilakukan.

Pilihlah tujuan menabung yang dapat memotivasi Anda. Seperti, menabung untuk berangkat umroh, haji atau liburan, menabung untuk membeli rumah atau kendaraan, menabung uang persiapan biaya pendidikan anak, atau menabung modal usaha.

Selain menentukan nominal jumlah tabungan yang akan dicapai. Untuk lebih memberikan semangat, tetapkan batasan waktu pencapaian sasaran tabungan itu. Misalnya 5 tahun lagi anda mendaftar untuk mendapatkan porsi haji atau 12 bulan lagi bisa bayar DP rumah idaman keluarga.

Semakin membuat Anda termotivasi, semakin mengerakkan Anda menambah saldo tabungan.

2. Konsisten Menabung

Setiap benda akan tetap dalam keadaan diam atau tetap bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja pada benda tersebut untuk mengubahnya.

(Hukum I Newton)

Teori gerak Newton pertama ini, memberikan pelajaran bahwa setiap orang yang sudah mulai menabung, maka aktivitas menabungĀ  tersebut akan terus dilakukan jika anda tidak mengubahnya.

Perubahan konsistensi menabung tersebut bisa disebabkan oleh faktor internal maupun external.

Faktor eksternal seperti sakit berkepanjangan sehinga pendapatan menurun atau kehilangan harta benda merupakan kejadian diluar kendali anda. Sehingga jika hal yang tidak diinginkan terjadi, bisa jadi pilihan mengurangi aktivitas menabung akan dikurangi.

Namun, jika gagal konsisten bukan karena faktor dari luar kemampuan Anda untuk dikelola. Maka cobalah perbaiki.

Salah satu cara agar konsisten adalah dengan meyakini bahwa hasil akhir dari menunda kesenangan saat ini akan sangat bermanfaat dan bernilai bagi Anda dimasa depan. Karena jika tidak menyakini dan mengharapkan keuntungan dimasa depan itu, anda akan mudah untuk tergoda mengalihkan alokasi dana tabungan untuk keperluan lain disaat ini.

3. Menabung Sering

Secara matematis, tips menabung cepat banyak dapat dilakukan dengan formula berikut:

Saldo = Frekuensi x SetoranĀ 

Oleh karena itu, agar tujuan menabung anda dapat segera terpenuhi, maka ubah frekuensi menabung anda dari bulanan menjadi harian. Untuk meningkatkan frekuensi menabung Anda dapat mempraktekkan 2 cara menabung di celengan berikut ini:

1. Cara Pedagang

Rata-rata pedagang memiliki hutang. Untuk membayar hutang tersebut mereka menabung agar saat jatuh tempo pembayaran kewajiban mereka memiliki cukup dana untuk membayar kewajiban.

Karena penghasilan mereka sangat bergantung dengan ramainya pembeli, maka dari setiap penjualan harian yang mereka terima, langsung mereka sisihkan sebagian. Jika hari itu mereka mendapatkan jual beli sebanyak Rp. 1 juta, maka sebelum mereka gunakan kembali untuk membeli barang dagangan kembali dan kebutuhan, mereka keluarkan Rp. 50.000 sebagai simpanan. Sehinnga diakhir bulan mereka memiliki simpanan sebesar Rp. 1.500.000.

2. Cara Pembeli

Biasanya uang yang akan dibelanjakan diambil melalui Atm atau bank dengan nominal Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Saat uang tersebut ditukarkan dengan barang-barang kebutuhan, akan diperoleh kembalian dengan nominal lebih kecil.

Selanjutnya setiap kembalian uang pecahan Rp. 5.000 atau Rp. 10.000 atau Rp. 20.000 yang anda terima langsung anda simpan dicelengan. Pilih salah satu yang sesuai dengan kemapuan dan kebutuhan Anda.

Pecahan Rp. 20.000 merupakan uang kembalian yang banyak dipilih untuk disimpan, sebab nominalnya besar sehingga cepat banyak dan frekuensi menerima kembalian dua pulu ribuan lebih jarang dibandingkan uang pecahan yang lebih kecil sehingga tidak memberatkan keuangan.

4. Menabung Banyak

Setelah sering menabung, maka agar saldo tabungan cepat bertambah, adalah dengan memperbesar jumlah uang yang ditabung. Jika sebelumnya biasa menabung Rp.300.000 sampai Rp. 500.000 per bulan, coba tingkatkan menjadi Rp. 900.000 sampai Rp. 1.500.000 per bulan, atau cari jumlah lain yang menjadikan Anda bersemangat.

Selain akan mempercepat pencapaian target dana simpanan, meningkatkan jumlah dana simpanan bulan juga menghindari dana tabungan anda tidak mencukupi untuk membiayai sasaran pencapaian Anda, karena setelah sekian lama menabung, barang atau kebutuhan anda harganya naik diluar prediksi Anda.

Agar selalu memiliki kelebihan uang untuk menambah saldo simpanan Anda perlu berhemat dan menambah penghasilan. Anda bisa kombinasikan tips menabung cepat yang ketiga untuk mempermudah menambah uang untuk ditabung.

5. Dahulukan Sedekah

Konsistensi menabung dapat terganggu jika ada anggota keluarga yang jatuh sakit dan pengeluaran dalam jumlah besar yang tiba-tiba harus Anda bayarkan, seperti perbaikan kerusakan rumah atau kendaraan.

Meskipun Anda dapat melakukan langkah-langkah pencegahan agar hal buruk tersebut tidak terjadi. Namun sering kali kejadian tidak diinginkan itu berlaku diluar kendali Anda. Oleh karena itu dengan mendahulukan pengeluaran sedekah sebelum pengeluaran lain merupakan salah satu cara untuk menhindarinya, karena sedekah dengan ikhlas dapat mencegah keburukan terjadi.

Selain itu, mempebanyak sedekah dapat menjadi cara Anda mengetuk pintu langit, agar penghasilan Anda bertambah. Sehingga dapat menabung lebih banyak.

 

Coba Anda lakukan 5 tips menabung cepat berhasil dan banyak ini agar menabung cepat terkumpul banyak dan berhasil bukan lagi sekedar impian.

Bagikan artikel ini,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.